5 Petinju Kelas Berat Terbaik Sepanjang Masa

Bukanlah suatu pekerjaan yang mudah jika kita disuruh memilih 5 petinju kelas berat terbaik sepanjang masa. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Apakah kita berangkat hanya dari catatan menang atau kalah, atau juga memasukan faktor penjualan tiket, pendapatan, atau lamanya rentang waktu karir. Apapun dasar pertimbangan yang digunakan untuk memilih,  berikut daftar nama petinju yang memenuhi kategori sebagai petinju kelas berat terbaik sepanjang masa:

1. Muhammad Ali
Sangat sulit untuk tidak memasukan nama Muhammad Ali dalam daftar ini. Sampai saat ini banyak orang beranggapan bahwa Ali adalah petinju kelas berat terbaik sepanjang masa. Ali dianggap sebagai pelopor industri di dunia tinju. Dengan catatan kemenangan 56 kali (37 KO) dan 5 kali kekalahan, Ali menjadi icon penting dalam dunia tinju pada masanya. Ali meraih tiga kali juara dunia. Semasa aktif, Ali dikenal sangat atraktif baik di dalam atau luar ring. Setiap pertandingan yang dilakoninya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar tinju. Prestasi Ali di dunia tinju menghasilkan gelar “Sportman of the Century” pada tahun 1999.
Muhammad Ali

2. Rocky Marciano
Dengan catatan 49 kali menang (43 KO), Marciano merupakan satu-satunya petinju kelas berat yang tak pernah menderita kekalahan. Ia pensiun dengan rekor yang sangat mentereng, termasuk prestasi mengalahkan Jou Louis.
Rocky Marciano

3. Jack Johnson
Prestasi terbesar Jack Johnson adalah menghancurkan mitos bahwa orang kulit hitam tidak bisa menjadi juara dunia tinju. Pemegang rekor 71 kali menang (40 KO) dan 13 kali kalah ini adalah petinju Afrika-Amerika pertama yang menjadi juara dunia. Ia meraih gelarnya saat mengandaskan perlawanan Tommy Burns dari Kanada di ronde keempat, setelah sebelumnya selalu ditolak jika ingin maju dalam perebutan gelar di Amerika Serikat. Keberhasilan Jack Johnson menginspirasi petinju kulit hitam untuk maju sebagai penantang juara dunia.
Jack Johnson

4. Joe Louis
Pada tahun 1990, Joe Louis dinobatkan sebagai salah satu petinju yang masuk ke dalam “Hall of Fame”. Sepanjang karirnya Louis meraih 66 kali kemenangan (52 KO) dan 3 kali kekalahan. Petinju yang berjulukan “The Brown Bomber” ini mencatat rekor yang mencengangkan, yaitu berhasil mempertahankan gelar sebanyak 25 kali.
Joe Louis

5. Mike Tyson
Petinju yang berjulukan “Leher Beton” ini adalah juara dunia  kelas berat termuda sepanjang masa. Ia menjadi juara dunia saat berumur 20 tahun dan berhasil mengumpulkan seluruh sabuk juara dunia kelas berat beberapa tahun ke depan. Walaupun bertubuh relatif kecil untuk ukuran kelas berat, namun Mike Tyson memiliki pukulan mematikan. Tercatat ia mampu mengalahkan 90% lawannya dengan KO/TKO. Tyson mencatat 50 kemenangan (44 KO) dan 5 kali kalah sepanjang karirnya. Petinju asal broklyn ini adalah superstar dunia tinju di antara tahun 1980 – 1990. Ia juga merupakan petinju kelas berat yang mendapat bayaran tertinggi sepanjang sejarah sampai beberapa kasus kriminal menghancurkan karir gemilang Tyson.(**)
Mike Tyson

Sumber : Dari berbagai sumber, diolah, 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar