Cara mencegah pikun


 Cara mencegah pikun ini tips sangat bermanfaat untuk pembaca silahkan simak, Sama seperti postingan saya sebelum nya Cegah Gejala demensia atau kepikunan di masa tua  :

Gaya hidup bisa mengancam kesehatan manusia. Tapi perubahan pola hidup juga bisa memperbaikinya, misalnya pada pasien Alzheimer. Data menunjukkan, sekitar empat juta warga AS mengidap Alzheimer, jumlahnya ini diperkirakan bisa terus bertambah dua kali lipat pada 2030 mendatang.

Pasien Alzheimer akan terus meningkat kecuali ada perubahan gaya hidup, bahkan sekarang ini orang tua cenderung cepat pikun” kata dr Gary Small, direktur UCLA Center on Aging.
Alzheimer ini ditandai dengan menurunnya kerja sel otak yang berakibat mempengaruhi daya ingat. Small, yang juga profesor psikiater di UCLA’s Neuropsychiatric Institute, menganjurkan mengubah pola makan untuk mencegah Alzheimer?
“Makanan dengan gizi cukup, jangan terlalu berlemak dan atau tinggi kolesterol. Contohnya selalu mengkonsumsi ikan satu hari seminggu, mengelola stres dan rajin rekreasi otak. Seperti mengisi TTS dan bermain musik. Sedikit perubahan saja bisa berpengaruh besar,” tambah Small.
Sebelumnya Small melakukan penelitian yang melibatkan 20 pasien yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama menjalani pola hidup sehat. Mereka menjaga kestabilan mental dan fisik, tidak stress dan rajin mengkonsumsi ikan. Sedangkan kelompok kedua menjalani kebiasaan mereka tanpa aturan pola hidup sehat.
“Selama dua minggu saya amati, 75 persen pasien kelompok pertama mengalami peningkatan daya ingat dari 20 hingga 30 persen dan tekanan darah menurun,” papar Small yang menyebutkan naiknya tekanan darah bisa memperburuk kerja otak.
Temuan Small ini didukung Asosiasi Alzheimer, dimana salah satu anggotanya, Catherin Bryan mengatakan ada tiga cara mencegah pikun dini, yaitu dengan menjaga kolesterol, berat badan, rutin melakukan olahraga fisik dan otak, selain tetap mengkonsumsi makanan sehat untuk otak. Intinya apa yang baik untuk jantung, tentu baik untuk kesehatan.

4.5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar