Mobil ESEMKA Karya Anak Bangsa

Mobil ESEMKA Karya Anak Bangsa
Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com
Adrian Firmansyah | Blogger Newbie dari Bekasi  

Mobil ESEMKA Karya Anak Bangsa

kejatuhan durian runtuh, Indonesia mulai merasakan kebanggaan yang tinggi akan diluncurkannya mobil buatan Siswa SMK yang kemudian dikenal dengan mobil Esemka.

Banyak yang kemudian memprediksi, mobil ini bakal menguasai pasaran Asia, karena jika dilihat dari spesifikasi mesinnya, mobil ini memiliki mesin yang yahud dengan harga terjangkau. Modifikasi-modifikasi berbagai jenis mobil Esemka adalah pemilihan dari berbagai bagian mobil-mobil yang telah banyak di pasaran. Entahlah ini dapat kita sebut dengan penjiplakan atau tidak, yang jelas modifikasi ini dicintai peminatnya.
 Ini Spesifikasi Mobil Esemka

Produksi mobil Esemka, menurut pandangan saya adalah salah satu upaya peningkatan branding Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Mau tak mau, pada akhirnya kita akan mulai mencurahkan banyak perhatian untuk sekolah ini, terutama bagi siswa-siswa yang akan lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal ini juga merupakan suatu terobosan konkret yang benar-benar mampu meningkatkan citra SMK. Solusi cerdas memang menghasilkan prospek yang gemilang. Ibarat sekali mendayung, dua pulau terlampaui, SMK mampu meningkatkan brandingnya dan juga mampu menunjukkan keunggulan produk anak bangsa.

Saya yakin sangat sedikit dari pembaca (berkaca dari diri probadi) yang mengetahui deretan mobil-mobil produk dalam negeri lain yang telih diproduksi jauh sebelum Esemka dikenalkan. Sebut saja  mobil Marlip, Maleo, GEA, Tawon, Kancil, Wakaba dan lainnya. Mobil-mobil ini tidak mendapat perhatian yang lebih hingga akhirnya mandeg diproduksi. Beruntungnya bagi Kiat Esemka yang memiliki keunikan tersendiri sehingga mampu mencuri perhatian publik.

Long live to Esemka, semoga keberadaannya benar-benar menjadi titik kebangkitan produk dalam negeri, bukan sekadar hangat-hangat tahi ayam karena mengejar branding dan tenar semata. Keberhasilan Esemka, dapat dijadikan titik tolak kemajuan kemandirian ekonomi Indonesia, terutama jika ia berhasil menembus pasaran Asia.


Produk Indonesia. Sebuah kalimat yang selalu didengungkan dan dipajang baik media cetak maupun media elektronik, namun belum memberi efek yang signifikan. Rakyat Indonesia masih banyak yang lebih cinta produk asing dari pada produk tanah air, mulai dari fashion, food, film, bahkan alat-alat rumah tangga. Padahal, kita juga mampu membuatnya dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan produk impor.




Kunjungan Menko Kesra ke tempat Perakitan Mobil Esemka #2




Kunjungan Menko Kesra ke tempat Perakitan Mobil Esemka #1




Mobil Esemka hiasi Car Free Day Kota Solo #3



Akhir-akhir ini publik dikejutkan oleh mobil yang dibuat oleh pelajar SMK. Mobil ini pun menjadi rebutan beberapa pejabat yang ingin memakai dan memesannya. Sebuah mobil Esemka sebagai persembahan untuk Indonesia tercinta, sekaligus membuktikan lagi generasi muda mampu dan bisa membuat suatu karya yang bisa dibanggakan. Meski kualitas mobil ini tidak sebaik buatan luar negeri, tetapi dukungan dan keberpihakan pemerintah terhadap karya anak bangsa sangat perlu untuk mengembangkan dan mengoptimalkan produk Indonesia, sehingga nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

Sudah banyak karya anak bangsa yang diberikan untuk negeri ini, tapi sayangnya dukungan dari pemerintah masih sangat kurang. Pemerintah sebagai pemimpin dan wakil rakyat yang semestinya dapat memberi contoh dalam pemakaian produk karya anak Indonesia, malah dengan bangga memakai produk asing. Perilaku ini diiringi keegoisan pribadi yang tidak mau dipandang sebelah mata oleh orang lain karena memakai produk dalam negeri. Akhirnya, karena kurangnya dukungan dan apresiasi dari pemerintah, pemasaran produk asli Indonesia pun kalah bersaing dengan produk luar.

Sangat ironis, produk dari negara sendiri yang pemasarannya dilakukan di Tanah Air kalah dengan produk yang diproduksi oleh negara lain. Rakyat dengan bangga antre di tempat pemasaran produk-produk impor. Sementara, penjual produk Indonesia duduk termenung menunggu pembeli dan berharap masyarakat Indonesia mau tergugah hatinya dengan membeli dan mengonsumsi produk nasional.

Mobil Esemka merupakan salah satu karya generasi muda Indonesia. Saat ini, di berbagai wilayah Indonesia, masih banyak karya anak bangsa yang belum terpublikasikan. Padahal, potensi generasi muda dari tingkat SMA/SMK sampai perguruan tinggi, sangat mungkin untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dan berkualitas. Dengan begitu, produk asli buatan Indonesia akan makin kaya, sekaligus sebagai upaya kebangkitan produk Tanah Air.

Kebangkitan produk Tanah Air dapat tercapai apabila ada kerja sama dan apresiasi positif dari pemerintah Indonesia. Hal in penting agar generasi muda mampu melahirkan dan menciptakan karya yang bermutu dan berkualitas sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang produktif, bukan negara konsumtif.
4.5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar